Minggu, 07 Juni 2015

Cara menggunakan OpenCode 3.6 dalam analisis kualitatif

Beberapa langka dan tips dalam mengkoding dengan opencode 3.6:
  1. Membuat transkrip rekaman wawancara dengan responden
  2. Menyimpan kembali  transkrip yang dalam bentuk ms.word ke dalam format .txt atau plain text. Jangan lupa mengingat tempat (directory) menyimpan transkrip dengan format txt tadi.
  3. Sebelum mengimport transkrip dengan format .txt ke aplikasi opencode pastikan aplikasi ms.word telah di close. Jika aplikasi ms.word masih berjalan maka import ke opencode tidak akan berhasil.
  4. Buka open code
  5. Buat project baru dengan mengklik menu file à pilih new project untuk membuat project baru à beri nama project tersebut à pilih directory untuk menyimpan di lokasi mana. Jangan lupa mengingat tempat atau directory dimana file project baru tadi disimpan.
  6. Jika project lama sudah ada, dan transkrip ingin digabungkan dengan transkrip-transkrip pada project lama, pilih menu open project.
  7. Setelah project dibuka, atau membuat project baru, kemudian import transkrip dengan format.txt ke dalam project di opencode dengan cara, klik file à import document from textfile à cari file yang akan di import à klik ok
  8. Setelah transkrip muncul di opencode dapat mulai melakukan koding dengan cara memblok kalimat yang akan di coding dan menuliskan kodenya pada kolom assign code di bar bagian atas à kemudian klik add. Jika ingin mengganti kode dan menghapus koding yang salah klik remove
  9. Lakukan koding sampai selesai, sebaiknya pertanyaan juga dikoding sehingga ketika ingin memunculkan kalimat atau pernyataan dengan kode tersebut saja, peneliti tidak bingung kalimat yang muncul tersebut atas jawaban pertanyaan yang mana.
  10. Setelah koding selesai, membuat pengelompokkan dengan categories, klik categories (pada opencode 3.6) atau synthesis (pada opencode 4.1 keatas) à manage categories à new category à buat nama category yang diinginkan à klik ok àpilih kode yang ingin dimasukkan ke dalam category tersebut à kemudian klik” <<” untuk memasukkan kedalam category à sedangkan lambing “>> “untuk mengeluarkan kembali kode dari dalam category.
  11. Setelah semua kode yang ada di masukkan ke dalam category yang tepat sesuai tujuan penelitian, kita dapat melihat pengelompokkan berdasarkan category yang telah kita buat tersebut. Caranya klik categories à klik search by categories, à disitu akan muncul kalimat-kalimat yang telah kita kode sesuai dengan category yang kita pilih untuk tampilkan.
  12. Dari category ini kemudian akan mempermudah kita dalam membuat matrik dan melakukan analisis kualitatif.
  13. Umumnya kutipan dari pernyataan responden yang dipilih adalah yang unik dan bertentangan dengan kejadian umumnya. Kalimat kutipan tersebut dapat kita ubah kalimatnya agar lebih rapi dan mudah dimengerti pembaca, namun tidak boleh mengubah maksud dan makna dari kalimat atau kutipan tersebut.
  14. Analisis kualitatif bisa dibagi 2 yaitu secara tematik dimana kita telah memiliki kerangka teori  dan konsep sebelumnya dan membuat matrik, koding dan category berdasarkan tema yang telah kita buat. Dan grounded dimana kita membuat koding, category dan matriks berdasarkan apa yang kita temukan dilapangan dari hasil wawancara dengan responden.
semoga bermanfaat 
(vn)

5 komentar: